Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Jumat, 06 Januari 2012

Simulasi


Di2kinfo, Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dari evaluasi algoritma penjadwalan, bisa digunakan simulasi. Simulasi ini dibuat dengan memprogram sebuah model dari sistem komputer. Simulatornya memiliki variabel yang merepresentasikan clock. Jika nilai dari variabel ini bertambah, simulator mengubah status dari sistem untuk menggambarkan aktivitas proses, device, dan penjadwal. Selama simulatornya berjalan, data-data statistik mengenai performance algoritma dikumpulkan dan dicetak.
Untuk menjalakan simulator ini diperlukan data yang merepresentasikan aktivitas sistem seperti proses, CPU burst, dan lain-lain. Biasanya data ini dibuat dengan random-number generator dengan memanfaatkan distribusi probabilitas seperti distribusi Poisson, eksponensial, dan lain-lain. Tapi menjalankan simulasi dengan data yang dihasilkan dari distribusi ini bisa saja tidak akurat, karena dari distribusi hanya diketahui frekuensi atau berapa kali suatu kejadian muncul. Distribusi ini tidak memperhatikan urutan kejadiannya. Untuk mengatasi masalah itu, digunakan trace tapes .
Cara membuat trace tapes adalah dengan mengamati dan merekam aktivitas sistem yang sesungguhnya. Dengan ini, kita bisa menjalankan simulator dengan urutan data dari events yang sebenarnya. Cara ini cukup efektif dan bisa memberikan hasil yang akurat.
Berikut ini adalah ilustrasi evaluasi algoritma penjadwalan dengan simulasi:
Gambar 16.2. Evaluasi Algoritma Penjadwalan dengan Simulasi
Evaluasi Algoritma Penjadwalan dengan Simulasi

Urutan eksekusi proses direkam dengan trace tapes, kemudian simulator menjalankan simulasi penjadwalan proses-proses tersebut dengan berbagai macam algoritma penjadwalan. Simulasi ini kemudian menghasilkan catatan mengenai performance dari setiap algoritma penjadwalan tersebut. Dengan membandingkan catatan performance itu, pengguna bisa mencari algoritma penjadwalan yang paling baik.
Meskipun memberikan hasil yang akurat, simulasi ini bisa saja memerlukan waktu yang besar dan biaya yang mahal. Trace tapes juga membutuhkan ruang penyimpanan yang besar di memori. Mendesain, memprogram, dan men- debug simulator juga adalah sebuah pekerjaan yang besar. [di2kinfo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar