Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 08 Januari 2012

ANALISIS DAN DESAIN SISTEM Bab 1

BAB I

PENDAHULUAN

 1.1         Latar Belakang Masalah
Belajar adalah kewajiban setiap manusia dan merupakan suatu proses dalam mengembangkan kemampuan intelektual. Begitu pentingnya  pengetahuan membuat semua orang berusaha menciptakan perubahan-perubahan yang kreatif dan inovatif.
Perkembangan teknologi telah membawa langkah baru dalam peradaban sejarah. Khususnya perkembangan teknologi dibidang komputer. Begitu pesatnya perkembangan sehingga menyebabkan banyak perubahan yang mewarnai tatanan dunia menjadi dunia baru yang mekanistis. Inovasi-inovasi baru dibidang teknologi terus dilakukan dalam meningkatkan dan mempermudah kinerja manusia. Kebutuhan teknologi ini tidak dapat ditawar lagi mengingat beragamnya aktifitas yang ada di masyarakat.
Kegiatan manusia dimulai tidak efektif, sedikit demi sedikit mulai digantikan aneka perangkat digital, hal ini lebih dipengaruhi oleh  faktor untuk apa teknologi itu digunakan. Teknologi saat ini lebih digunakan sebagai perangkat pembantu kinerja guru agar dalam pemberian materi terhadap siswa lebih cepat dipahami dan kegiatan belajar mengajar lebih terjamin efektifitasnya. Terutama pada materi-materi pembelajaran yang membutuhkan banyak praktik daripada teori, misalnya pelajaran bahasa Inggris yang lebih menekankan pada praktik dilapangan, sebab materi bahasa Inggris harus lebih ditekankan pada objek nyata. Karena siswa lebih cenderung mempercayai proses pembelajaran yang dapat dilihat secara langsung proses take and give yang mereka lakukan. Sehingga muncullah satu bentuk bidang pendidikan CAI (Computer Aided Instruction).
Karena ditunjang dengan teks, gambar dan audio yang dapat dibuat interaktif, perangkat yang dibuat memudahkan para pemakai atau pengguna untuk memahami konsep dasar satu materi, dengan contoh-contoh soal disertai pembahasan sehingga siswa dapat belajar dengan mudah melalui contoh. Setiap soal ditampilkan untuk disesuaikan sehingga siswa menjadi pintar karena rajin berlatih. Dengan demikian memanfaatkan komputer dalam bentuk CAI (Computer Aided Instruction) ini dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengkaji dan memahami pelajaran yang dipelajari. 
Oleh karena itu dari fenomena di atas kami sebagai mahasiswa tehnik merasa perlu untuk memajukan dunia pendidikan yang ada di Indonesia, dengan membuat suatu perangkat lunak tentang visualisasi pembelajaran bahasa Inggris. jadi dari sini akan menjadi jelas, bahwa teknologi dan dunia pendidikan dapat berjalan secara baik dan saling mendukung. 

1.2         Rumusan Masalah
Bagaimana mengembangkan visualisasi pembelajaran bahasa Inggris untuk mempermudah proses pembelajaran

1.3         Batasan Masalah
Ruang lingkup permasalahan yang ada adalah pengembangan program visualisasi pembelajaran Bahasa Inggris yaitu segala penjelasan tentang materi mata pelajaran Bahasa Inggris yang akan disajikan dalam bentuk teks, gambar dan suara bacaan (audio) di Sekolah lanjutan Tingkat Pertama.

1.4         Tujuan Penelitian
Tujuan dari pembuatan Tugas Akhir Semester genap  ini adalah:
1.    Meningkatkan pemahaman tentang teori-teori yang telah diberikan oleh  guru terhadap siswa secara interaktif dan menarik dengan teknologi multimedia.
2.    Sebagai media bagi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris secara otodidak.
3.    Memberikan pengalaman untuk melakukan analisa permasalahan yang dihadapi di dunia pendidikan.  






Tidak ada komentar:

Posting Komentar